Menapaki Batu : Coban Talun

21 July 18 - Nadia Maya Ardiani

Jika kamu ke Batu bersama orangtuamu atau rombongan sepupu dan keponakan, ajak saja ke Coban Talun. Mulanya camping ground, kini Coban Talun memiliki banyak wahana family friendly yang pastinya akan membuat tante-tantemu memaksa untuk foto bareng di depannya atau setidaknya, ahem, selfie. Berbeda dengan spot-spot lain yang kami bahas di sini, Coban Talun sangat mudah dicari informasinya di Google (karena memang objek wisata rekomendasi pemerintah setempat), jadi rasanya tidak perlu ya saya jelaskan panjang lebar tiap wahananya di sini.

Coban Talun, Batu, Malang

Selain air terjun (yang cukup jauh jarak tempuh on foot-nya), beberapa wahana banyak digemari antara lain adalah taman bunga dan spot foto dan ayunan di tepi tebing, dilengkapi sayap-sayapan sehingga kamu bisa tampak ‘terbang’ dengan meyakinkan di foto. Pastikan yang bertugas ambil foto cukup jago cari angle ya, kalau tidak posemu mubazir.

Apache Camp, Coban Talun, Batu, Malang

Apache Camp, Coban Talun, Batu, Malang

Selanjutnya ada Apache Camp, penginapan berkonsep perkampungan Indian dimana kamu bisa mencicipi tidur di dalam teepee alias tenda kerucut khas Indian. Walau judulnya tenda Indian, tapi tenang saja itu bukan tenda beneran kok, tapi bangunan yang menyerupai tenda, jadi walau hujan bisa tetap gaya. Masuk ke area Apache Camp tanpa menginap tetap dikenai biaya masuk sebesar 10.000 rupiah, gratis sewa headdress kecil, bukan yang besar seperti milik kepala suku ya. Kalo yang itu ada juga sih, tapi disewakan secara terpisah, berikut baju-baju Indian dan aksesoris terkait lainnya.

Apache Camp, Coban Talun, Batu, Malang

Apache Camp, Coban Talun, Batu, Malang

Apache Camp, Coban Talun, Batu, Malang

Di tengah-tengah area ‘tenda’ terdapat area makan yang bernuansa seperti pujasera untuk koboi. Makanan yang disediakan cenderung standar, tapi tempatnya menyenangkan untuk santai sejenak setelah lelah keliling wahana lainnya sebelumnya. Untuk parkirnya, kendaraan kamu bisa diparkir sampai di depan gerbang Apache Camp. Sayangnya untuk kamu yang Muslim, mushola di darah Coban Talun ini cukup sulit dicari, alternatifnya mungkin kamu bisa mampir dulu ke masjid/mushola yang ada di sepanjang jalan area rumah warga sebelum memasuki area wisata Coban Talun.

--